Friday, April 8, 2016

Islamic Center Baturaja Kabupaten OKU

Masjid Agung Baturaja, bangunan utama di komplek Islamic Center Baturaja

Baturaja adalah ibukota kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu), salah satu kabupaten di propinsi Sumatera Selatan. Baturaja dikenal dengan pabrik semen nya yang juga bernama Baturaja. Nama Kabupaten Ogan Komering Ulu diambil dari nama dua sungai besar yang melintasi dan mengalir di sepanjang wilayah kabupaten OKU, yaitu sungai Ogan dan Sungai Komering. Berdasarkan sejarah, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor 9 Tahun 1997 tanggal 20 Januari 1997, Tahun 1878 ditetapkan sebagai tahun kelahiran nama Ogan Komering Ulu.

  
Kota Baturaja adalah salah satu kota di sumatera yang berada di jalur lintas tengah Sumatera, sebelum dibangunnya jalur lintas timur sumatera, jalur ini merupakan jalur utama di pulau Sumatera yang menghubungkan propinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Masjid dan Islamic Center Baturaja ini berada di tepian ruas jalan Lintas tengah Sumatera tersebut.

Lokasi nya berada di atas bukit kecil di tengah kota Baturaja dan menjadi ikon kota tersebut. Komplek pusat ke-Islaman ini seluas 10 hektar lengkap dengan sarana penunjangnya, dibangun hanya dalam waktu satu tahun dan diresmikan pada tanggal 26 Maret 2008 oleh Bupati kabupaten Ogan Komering Ulu H. Eddy Yusuf SH, MM. dihadiri oleh para tokoh masyarakat kabupaten OKU termasuk juga dihadiri mantan Bupati OKU Amiruddin Ibrahim ditengah tengah para undangan dan sekitar 6000 jiwa yang tumplek dalam suasana gembira tersebut.

Dengan adanya Islamic Center diharapkan agar syiar Islam di kabupaten OKU semakin menggema dan kehidupan reliji masyarakat OKU semakin baik. Karena agama merupakan suatu kebutuhan hidup manusia, maka peningkatan kualitas sarana dan prasarana penunjang kegiatan keagamaan harus terus ditingkatkan.***

No comments:

Post a Comment