Thursday, April 7, 2016

Islamic Center Kota Prabumulih

Komplek Islamic Center Prabumulih
Prabumilih adalah salah satu Kota di propinsi Sumatera Selatan. Sebelumnya kota Prabumulih berstatus sebagai kota Administratif di dalam wilayah kabupaten Muara Enim, sempat juga menjadi bagian dari wilayah Pembantu Bupati yang berkedudukan di Gelumbang, sampai kemudian disahkan sebagai kota mandiri, lepas dari Kabupaten Muara Enim sebagai wilayah induknya.

Islamic Center Kota Prabumulih
Jalan Lingkar, Kelurahan Gunung Ibul
Kecamatan Gunung Ibul, Kota Prabumulih
Sumatera Selatan – Indonesia


Islamic Center Prabumulih mulai dibangun pada awal tahun 2010, dan membutuhkan waktu cukup lama sampai seluruh komplek ini selesai dibangun secara keseluruhan dan difungsikan sebagaimana mestinya. sampai bulan maret 2014 pemkot prabumulih kembali mengucurkan dana sebesar Rp. 29,68 milyar untuk penyelesaian pembangunan proyek tersebut yang dimenangkan oleh PT. Cindo Abadi Perkasa (CAP) dengan tenggang waktu penyelesaian selama 10 Bulan, sedangkan pihak kontraktor memperkirakan pekerjaan akan selesai selama 6 bulan dengan 200 orang pekerja. Penyelesaian proyek pembangunan Islamic Center ini berbarengan dengan pembangunan Pasar Tradisional Moderen dan Taman Kota Prabumulih.

Komplek Islamic center ini baru diserahterimakan dari pihak kontraktor ke pemerintah kota Prabumulih pada bulan Desember 2014. Dengan demikian baru pada awal tahun 2015 mulai digunakan. Islamic centre yang terletak di Jalan Lingkar Prabumulih ini berhadap hadapan dengan SMAN 7 Kota Prabumulih. seluruh bangunan yang menggunakan konsep Islami itu sangat sejuk dipandang mata. Ornamen-ornamen timur tengah yang dipadukan pada setiap item bangunan.

Bangunan Masjid di Komplek Islamic Center ini merupakan salah satu mesjid terbesar dan terluas di Propinsi Sumatera Selatan. di komplek yang sama juga berkantor MUI dan Baznas kota Prabumulih setelah sebelumnya berada satu atap disamping Masjid Nur Arafah. Berpindahnya kantor MUI dan Baznas ke Islamic Center ini mengingat kantor kedua lembaga yang sudah tidak layak, selain itu, diharapkan dengan kedua lembaga itu pindah kesana dapat membantu dalam perawatan maupun pengurusan Islamic Center.

Komplek ini juga dilengkapi dengan bangunan aula yang cukup besar untuk berbagai fungsi umum dan sosial termasuk di dalamnya digunakan oleh pemerintah kota untuk acara acara resmi, seperti yang terjadi pada bulan Januari 2015 saat Walikota Prabumulih melantik para pejabat dilingkungan pemkot bersamaan dengan mutasi 800 PNS sekaligus di lingkungan pemerintahan kota tersebut.

Menilik lokasi tempat dimana Islamic Center ini berdiri memang cukup unik. Entah karena kebetulan atau memang direncanakan oleh pihak Pemkot Prabumulih, lokasi tempat Islamic Center ini berdiri bersebelahan dengan komplek Makam Tua yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai makam sesepuh nya kota Prabumulih, Komplek makam yang dikenal dengan nama Kramat Gunung Ibul. Nama yang kini juga menjadi nama kelurahan sekaligus nama kecamatan tempat dimana Islamic Center ini berada.

Kawasan tempat Islamic Center ini berdiri memang kawasan baru yang dulunya merupakan kawasan hutan belukar, kemudian dibuka oleh pemkot dengan membangun ruas jalan lingkar, menyusul kemudian pembangunan fasilitas penunjang lainnya, sehingga kawasan makam kramat yang dulunya berada di tengah hutan-pun kini berada persis dibelakang komplek Islamic Center ini.***

------------ooo000ooo------------

Baca Juga