Tuesday, April 12, 2016

Masjid Babussalam Islamic Center Kabupaten Muara Enim

Megah bersahaja. 
Muara Enim adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Selatan. Sebelum bernama “Kabupaten Muara Enim”, kabupaten ini dahulunya sempat bernama “Kabupaten LIOT” yang merupakan singkatan dari “Kabupaten Lematang Ilir Ogan Tengah”. Lematang dan Ogan yang ada dalam singkatan nama itu merupakan nama sungai yang mengalir di dalam wilayah kabupaten tersebut, namun kemudian nama tersebut diganti dengan nama Kabupaten Muara Enim mengikuti nama ibukota kabupaten yang berada di kelurahan & kecamatan Muara Enim.

Masjid Babussalam Islamic Center ini merupakan Masjid Agung Kabupaten Muara Enim, propinsi Sumatera Selatan yang dikelola oleh Badan Pelaksana Pendidikan dan Peningkatan Pemahaman Ajaran serta Budaya Islam (BP4ABI). Dalam dokumen resmi pemerintahan Kabupaten Muara Enim, Masjid ini disebut dengan nama “Islamic Center BP4ABI Kabupaten Muara Enim”. Sehari sehari lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Masjid Babussalam Islamic Center.

Alamat Masjid

Jl. Mayjen Tji Agus Kiemas, S.H - Lintas Kepur
Muara Lawai - Kabupaten Muara Enim
Sumatera Selatan


Pertama kali diresmikan pada tahun 2008 kemudian diperluas tahun 2014 dengan bantuan dana dari PT. Bukit Asam. Peletakan batu pertama pembangunan perluasan masjid ini dilakukan pada tanggal 25 November 2014 sekaligus penandatangan MoU antara pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan PT. Bukit Asam (Persero) Tbk yang mengucurkan dana Rp. 9.2 Milyar untuk pembangunan perluasan masjid ini. Penandatanganan MoU pemberian bantuan tersebut dilakukan antara Direktur Umum dan SDM PTBA Maizal Ghazali dengan Bupati Muaraenim Muzakir Sai Sohar disaksikan langsung Wagub Sumsel Ishak Mekki. Masjid ini juga berfungsi sebagai Pusat Pengembangan Islam (Islamic Center) Kabupaten Muara Enim.

Pada awalnya masjid ini disebut sebagai Masjid Agung Raya, karena memang berfungsi sebagai masjid Agung Kabupaten. Penggunaan nama Masjid Agung Raya untuk masjid ini, dikarenakan sebelumnya sudah ada Masjid Agung Muara Enim yang berada di Jl. Jenderal Ahmad Yani No.5 Kelurahan Pasar, Muara Enim yang sudah berdiri sejak tahun 1992.

Fasilitas Masjid

Badan Pelaksana Pendidikan dan Peningkatan Pemahaman Ajaran serta Budaya Islam (BP4ABI) Kabupaten Muara Enim selaku pengelola komplek Islamic Center ini memiliki empat bidang kegiatan, yakni pembinaan umat, pendidikan dan latihan, seni budaya Islam, dan ekonomi umat. Selain bangunan Masjid Babussalam yang menjadi bangunan utama, di komplek Islamic Center ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendidikan agama Islam dan asrama, Islamic Center Muara Enim.

Selain memiliki bangunan yang indah, komplek Islamic Center ini juga diperindah dengan pekarangan dan taman yang luas dengan jalan-jalan akses menuju masjid dari fasilitas kompleks Islamic Center lainnya. Jalan ini tertata rapi dengan deretan lampu hias di kanan-kiri, sekaligus menjadi petunjuk ke arah masjid pada malam hari.

Meski dibangun begitu megah dengan empat Menara tinggi di empat sudut-nya, bangunan masjid ini dirancang sederhana dan bersahaja tanpa banyak ornamen penghias baik dibagian luar maupun dibagian dalam masjid. Ruang utama masjid pun memberikan kesan bersahaja. Tidak banyak elemen hias di dinding bagian dalam masjid dengan aksen jendela minimalis. Ornament kaligrafi di bagian atas dinding diletakkan di dinding mengelilingi bagian dalam masjid. Lampu hias dan sabuk plakat emas mengelilingi bagian bawah kubah juga dirancang bersahaja.

Salah satu pelatihan yang cukup menarik minat masyarakat di masjid ini adalah pelatihan qosidah dan Syarofal Anam. Syarofal Anam memang dikenal luas di wilayah Sumatera Bagian Selatan sebagai salah satu kesenian daerah setempat yang bernuansa Islami dengan alat music rebana dalam sebuah persembahan yang khas.***

-----------------ZZZ-----------------