Sunday, March 12, 2017

Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta

Aerial View Masjid Agung Baing Yuusuf Purwakarta

Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta berlokasi di Kampung Kaum, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta, merupakan salah satu bukti otentik penyebaran Islam di wilayah Purwakarta. Sejak dibangun sampai saat ini, masjid tersebut menjadi pusat syiar Islam di Purwakarta. masjid yang ada di lingkungan kantor Pemerintahan Kabupaten Purwakarta ini, terlihat lebih sederhana di banding masjid agung daerah lainnya. Meskipun sederhana, namun cahaya-cahaya religius terpancar dari bangunan tua ini.

Nama masjid ini merupakan bentuk penghormatan muslim Purwakarta kepada mendiang Raden Haji Yusuf yang terkenal dengan nama Baing Yusuf, ulama terkemuka yang menjabat sebagai penghulu Kepala di Kabupaten Purwakarta sejak tahun 1828. Beliau yang memimpin pembangunan masjid ini, menjadi pengurusnya dan juga menjadi motor penggerak syiar penyebaran Islam di Purwakarta.

Masjid Agung Purwakarta
Jl. Gandanegara 30 RT 05 RW 02 Kel. Nagri Tengah
Kabupaten Purwakarta 41114
Prov. Jawa Barat - Indonesia



Sejarah Masjid Agung Purwakarta

Situs simas kemenag menyebutkan bahwa Masjid Agung Purwakarta ini pertama kali dibangun tahun 1826 oleh masyarakat muslim Sindangkasih dibawah pimpinan Raden Haji Yusuf (Baing Yusuf). Beliau juga yang kemudian menjadi pengelola masjid ini dalam kapasitasnya sebagai Penghulu Kepala di kabupaten Karawang. Pada masa itu wilayah Purwakarta masih merupakan bagian dari Kabupaten Karawang. Baing Yusuf secara resmi menjabat sebagai Penghulu Kepala Kabupaten Karawang sejak tahun 1828 (Almanak van Nederlandsch Indie, 1828:59).

Bila melihat perjalanan sejarah kabupaten Karawang, pembangunan Masjid Agung Purwakarta di Sindangkasih ini berhubungan erat dengan pemindahan ibukota kabupaten Karawang dari Wanayasa ke Sindangkasih yang terjadi sekitar tahun 1827 atau 1830 sejak masa pemerintahan Bupati  Bupati R.A.A. Suriawinata alias “Dalem Sholawat” (1827 – 1849). Pemindahan ibukota tersebut diresmikan berdasarkan besluit (surat keputusan) pemerintah kolonial Belanda tanggal 20 Juli 1831 nomor 2.

Pembangunan Masjid Agung di Sindangkasih ini dilaksanakan bersamaan dengan pembangunan Pendopo, Gedung Karesidenan, Tangsi Tentara di Ceplak, termasuk membuat Solokan Gede, Sawah Lega dan Situ Kamojing. Pembangunan terus berlanjut sampai pemerintahan bupati berikutnya, termasuk juga pengurugan rawa-rawa untuk pembuatan Situ Buleud. Pembangunan terus berlanjut sampai pemerintahan bupati berikutnya.

Masjid Agung Purwakarta saat ini

Pada tahap awal, kondisi bangunan masjid masih sangat sederhana, sama dengan kondisi bangunan pendopo. Atap masjid berbentuk limas bertumpang, ciri khas masjid tradisional. Waktu itu, atap umumnya terbuat dari ijuk, dan badan bangunan dibuat dari kayu dan bambu. Pembangunan dan renovasi sampai ke bentuknya saat ini dilakukan beberapa kali setelah itu. Masjid Agung Purwakarta dikelola oleh Baing Yusuf kemudian dilanjutkan oleh keturunan Baing Yusuf, yaitu Kiyai Haji R. Marjuki (Baing Marjuki) sampai tahun 1937.

Renovasi pertama diperkirakan dilaksanakan pada sekitar tahun 1854, masa pemerintahan Bupati R.T.A. Sastradiningrat I (1854 – 1863). Tahun 1926 masjid itu dilengkapi dengan bak air dan tempat mandi yang dipelopori oleh R. Ibrahim Singadilaga, seorang tokoh masyarakat Purwakarta. Tahun 1955, di sebelah kiri masjid dibangun ruangan untuk Kantor Pengadilan Agama diprakarsai dan dipimpin oleh R. Endis, K.H. R. Santang, dan K.H. Moh. Aop. Tahun 1967 ruangan masjid diperluas dengan menambah bangunan sayap dan tempat wudlu.

Tahun 1979, masjid itu direnovasi secara besar-besaran, tetapi tetap mempertahankan bentuk asli dan nilai artistiknya. Pelaksanaan renovasi dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Purwakarta, diketuai oleh Hj. Mamie Satibi Darwis, istri Letjen. Drs. H.R.A. Satibi Darwis. Setelah selesai direnovasi, Masjid Agung Purwakarta diresmikan oleh Menteri Agama RI, Letjen. H. Alamsyah Ratu Perwiranegara tahun 1980. Masjid Agung Purwakarta kembali mengalami pemugaran besar besaran pada masa pemerintahan Bupati Drs. H. Bunyamin Dudih, S.H. (1993-2003).

Metamorfosis Masjid Agung Purwakarta

Meski telah berkali kali mengalami renovasi dan pemugaran, Masjid ini masih memiliki benang merah dengan bentuk bangunan aslinya dan satu hal yang memperkuat nilai sejarah situs Masjid Agung Purwakarta ini adalah keberadaan makan Bupati R.T.A. Gandanegara -- Bupati Karawang ke-15 (1911 – 1925) yang berkedudukan di Purwakarta -- di halaman belakang masjid. Hal yang disebut terakhir merupakan alasan kuat untuk tidak memindahkan lokasi masjid.

Baing Yusuf Wafat tahun 1854 dan dimakamkan di belakang Masjid Agung Purwakarta yang didirikannya ini.  Kini, Masjid Agung dipercantik oleh pemerintah dengan taman yang tertata rapi dan bersih. Setiap Harinya Masjid ini selalu ramai jamaah dari masyarakat sekitar dan para pejabat serta PNS silingkungan pemkab Purwakarta, termasuk mereka yang berziarah ke-makam Baing Yusuf.

Referensi



2 comments:

  1. Apa masjid ini 24jam terbuka untuk umum...?!

    ReplyDelete
  2. KARAWANG MEMPUNYAI TOKOH KHARISMATIK, GODFATHER OF INTELLIGENT .. MAS ODING SOETADIPOERA.. DIALAH TOKOH DIBALIK BEGUNDAL KARAWANG ALIAS LUKAS, DIALAH TOKOH DIBALIK ACHMAD SOEBARJO, DIALAH TOKOH DIBALIK SKENARIO DRAMA PENCULIKAN SUKARNO-HATTA , DENGAN TUJUAN PROKLAMASI DIBACAKAN 17 AGUSTUS 1945, SEMUA SEJARAWAN BANYAK MEMBAHAS GOLONGAN MUDA DAN GOLONGAN BAWAH TANAH BEKERJA UNTUK SIAPA???? MAS ODING SOETADIPOERA ADALAH SATU-SATUNYA TOKOH KARAWANG YANG MALANG MELINTANG DI PEMERINTAHAN BELANDA,NAMANYA HILANG BAGAIKAN DI TELAN ZAMAN, KESEDERHANAANNYA MEMBUAT MAS ODING SOETADIPOERA TIDAK INGIN NAMANYA DIKENAL, AGAKNYA BANYAK SEJARAWAN MELEWATKAN TOKOH KARAWANG YANG SATU INI, BICARA BATAVIA NAMANYA LEBIH DI SEGANI DARI YANG LAINNYA, PERNAH MENJABAT WEDANA WELTERVERDEN,WEDANA MEESTER CORNELIS,ADJUNTHOOFDTJAKSA CHIREBON DAN TERAKHIR MEMIMPIN TOKUBETSU SI (PEMERINTAHAN MILITER) SEBAGAI WEDANA JAKARTA 1942. DIALAH YANG PALING MENGETAHUI KEADAAN BATAVIA PADA WAKTU ITU, DAN PALING BERPENGARUH DIANTARA PARA PEJABAT AMBTENAAR BATAVIA PADA JAMANNYA

    ReplyDelete