Saturday, January 27, 2018

Masjid "Kubah Pelangi" Nurul Hidayah Palembang

Masjid Nurul Hidayah, Sungai Buah, Kota Palembang, meriah dengan kubahnya yang warna warni.

Masjid dengan kubah warna warni seperti pelangi satu ini adalah masjid Nurul Hidayah di Kecamatan Ilir Timur II Kota Palembang. Lokasi masjid ini berada di Jalan RE. Martadinata, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Yang menarik dari masjid ini adalah kubah nya yang berwarna warni dan menjadi ciri khas sekaligus daya tarik tersendiri. Masjid Nurul Hidayah di kota Palembang ini bukanlah satu satunya masjid dengan kubah warna warni, di wilayah lain Provinsi Sumatera Selatan juga ada Masjid lainnya dengan kubah warna warni, yakni Masjid Al-Baniah di Ujan Mas Lama, kabupaten Muara Enim yang juga sudah di posting sebelumnya.

Masjid Nurul Hidayah
Jalan R. E. Martadinata, RT.20, Kel. Sungai Buah
Kec. Ilir Timur 2, Kota Palembang
Sumatera Selatan 30163
Telp: (0711) 7100984 - 8460199



Masjid berkubah pelangi di kota Palembang ini berdenah segi empat sederhana dengan satu kubah berukuran besar di atapnya. Bangunannya juga dilengkapi dengan satu menara berukuran kecil. Rupa bentuk bagian lain bangunannya juga sama seperti masjid masjid pada umumnya.  

Lokasinya yang berada disisi jalan raya utama membuatnya cukup mudah untuk ditemukan bagi pengendara yang lalu lalang di ruas jalan RE Martadinata di kelurahan Sungai Buah kecamatan Ilir Timur 2 ini.

Masjid Nurul Hidayah, di bulan April 2017.

Berdasarkan citra di street view google maps, pada bulan April 2017 yang lalu masjid ini masih dalam proses pengerjaan ahir pemasangan lapisan logam penutup kubahnya. dari riwayat tersebut, masjid ini tampaknya memang belum terlalu lama berdiri dengan kubah pelangi-nya, dan hampir bersamaan dengan pembangunan Masjid Kubah Pelangi di Ujan Mas Lama di Kabupaten Muara Enim yang juga dibangun di bulan dan tahun yang sama.

Selain dua masjid di provinsi Sumatera Selatan ini, masih ada dua masjid lainnya yang memiliki kubah warna warni dengan bentuk yang unik yakni; Masjid Al Furqon di komplek Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, dan Masjid An Narumi di Kabupaten Sleman, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

-------------------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
-------------------------------------------------------------------------------

Baca Juga Masjid di Sumatera Selatan Lainnya


No comments:

Post a Comment